IDEA Consultant in Indoor Activity

Rabu, 21 Maret 2012

SAATNYA ORGANISASI DAN KITA PEDULI TERHADAP LINGKUNGAN DENGAN MENERAPKAN SISTEM MANAJEMEN LINGKUNGAN ISO 14001:2004


Add caption
Kepedulian terhadap lingkungan akan meningkatkan citra Organisasi, pada saat bersamaan, pengendalian masalah lingkungan secara tepat akan memberikan kontribusi positif terhadap keuntungan ekonomis dan meningkatkan daya saing perusahaan.
            ISO 14001 adalah salah satu dari sekian banyak standar internasional yang dapat dipakai bagi setiap Organisasi yang terkait dengan manajemen lingkungan. Berdasarkan urutan “Plan – Do – Check – Act”, ISO 14001 menetapkan persyaratan terpenting dalam mengidentifikasi, mengontrol dan memantau aspek-aspek lingkungan dari suatu Organisasi serta bagaimana cara mengelola dan meningkatkan sistem tersebut.
Keuntungan untuk perusahaan diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Jaminan pelanggan, investor, public dan masyarakat dengan menunjukkan komitmen perusahaan . Meningkatkan kontrol biaya melalui penghematan bahan input dan energi 
  •  Menekan tingkat pencemaran yang terjadi 
  • Mampu mengendalikan  limbah yang dihasilkan oleh suatu proses produks
Bagi Sekolah yang saat ini sudah banyak yang memiliki komitmen 'sistem kualitas' dengan menerapkan SMM ISO 9001:2008, pemahaman dan penerapan ISO 14001 ini lebih bermanfaat terhadap pendidikan pelestarian lingkungan hayati bagi anak didik kita menyongsong masa depan. Adi Wiyata memang sudah diawali di sekolah-sekolah, namun pemahaman secara penuh perihal Tujuan Jangka Panjang komitmen sistem lingkungan ini menjadi lebih penting.

Pemerintahan baik daerah maupun pusat memiliki kebijakan khusus berkaitan dengan AMDAL dengan  namun kesadaran dan komitmen itu masih belum nyata. Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kesehatan sudah lama meneriakkan 'anti rokok' , 'pengawasan limbah', sampai dengan 'regulasi' nya. Namun kendala di organisasi sering muncul karena tidak adanya pemahaman pengendalian sistem lingkungan.


IDEA CONSULTANT menyediakan 'seminar gratis'  bagi organisasi yang memiliki minat untuk menerapkan sistem manajemen lingkungan sebagai kepedulian terhadap kelangsungan hidup dunia yang akan datang. Jika Bukan Kita Yang Peduli .... Siapa Lagi ..???

Sekali Melangkah Pantang Surut Arah !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar