IDEA Consultant in Indoor Activity

Senin, 25 Januari 2016

SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2015



10 Perubahan Utama
Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015
Bulan September 2015, menjadi bulan yang sangat dinanti bagi pegiat sistem manajemen mutu ISO 9001 mulai dari konsultan sampai perusahaan-perusahaan yang selama ini telah menerapkan ISO 9001:2008. Dikarenakan pada bulan September 2015 ini, akan keluar versi ISO 9001 terbaru yaitu versi ISO 9001:2015 dengan beberapa perubahan yang sangat signifikan dibanding versi ISO 9001:2008. Meski versi final belum diterbitkan secara resmi, namun dengan melihat versi FDIS (Final Draft International Standard) ISO 9001:2015 yang diterbitkan bulan Juli 2015, ada beberapa perubahan utama yang biasanya tidak akan jauh berbeda dengan versi final yang direncakan terbit bulan ini. Apa saja perubahan utamanya? Kami telah merangkum 10 perubahan utama di FDIS ISO 9001:2015:

1. Klausul Bertambah
ISO 9001:2008 memiliki 8 klausul sedangkan ISO 9001:2015 memiliki 10 klausul. Bila diperhatikan, struktur klausul ISO 9001:2015 lebih rapi karena telah dikelompokkan dengan baik. Berikut perbandingannya:
ISO 9001:2008 Vs ISO 9001:2015
ISO 9001:2008
ISO 9001:2015
1.    Scope
1.   Scope
2.    Normative References
2.   Normative References
3.    Terms and Definitions
3.   Terms and Definitions
4.    Quality Management System
4.   Context of the organization
5.    Management Responsibility
5.   Leadership
6.    Resources Management
6.   Planning
7.    Product Realization
7.   Support
8.    Measurement, Analysis and Improvement
8.   Operation

9.   Performance Evaluation

10.Improvement

2. Prinsip ISO 9001 Berkurang
ISO 9001:2008 memiliki 8 prinsip adapun ISO 9001:2015 memiliki 7 prinsip. Berikut perbandingan 8 prinsip IS0 9001:2008 dengan 7 prinsip ISO 9001:2015:

QUALITY MANAGEMENT PRINCIPLES
ISO 9001:2008 PRINCIPLES
ISO 9001:2015 PRINCIPLES
1.   Customer Focus
1.   Customer Focus
2.    Leadership
2.   Leadership
3.    Involvement of people
3.   Engagement of people
4.    Process Approach
4.   Process Approach
5.    System approach to management
5.   Improvement
6.    Continual Improvement
6.   Evident Based Decision Making
7.    Factual approach to decision making
7.   Relationship Management
8.    Mutually beneficial supplier relationships



3. Istilah baru untuk dokumen
Pada ISO 9001:2008, dibedakan antara dokumen mutu (documents) dan rekaman mutu (records). Pada ISO 9001:2015 keduanya disebut sebagai informasi terdokumentasi (documented informati0n). Dengan penggabungan istilah ini, organisasi diberikan kebebasan dalam menentukan informasi terdokumentasi yang dibutuhkan. Tidak lagi dipersyaratkan harus dalam bentuk prosedur (seperti 6 prosedur wajib).

4. Tidak Ada Prosedur Wajib
ISO 9001:2015 sepertinya berupaya untuk menghilangkan kesan bahwa penerapan ISO 9001 hanya bertumpu pada pembuatan SOP atau prosedur saja. ISO 9001:2015 tidak lagi terlalu mementingkan dokumen. ISO 9001:2015  berorientasi kepada proses. Meskipun, keberadaan sistem dokumentasi tetap diperlukan. Hanya saja disederhanakan menjadi “Informasi terdokumentasi”. 

5. Manual Mutu Tidak Wajib
Banyak yang merasa manual mutu hanyalah dokumen formalitas yang tidak memberi manfaat tambahan. Oleh karena itu, keberadaan manual mutu di ISO 9001:2015 tidak wajib. Ini bukan berarti manual mutu yang sudah dibuat harus dihapus. Kita masih boleh menggunakannya bila dibutuhkan.

6. Management Representative Tidak Harus Ada
ISO 9001:2015 tidak mewajibkan keberadaan management representative yang harus ditunjuk secara resmi. Ini bisa jadi agar penerapan ISO 9001 diharapkan tidak hanya bertumpu pada seorang penanggug jawab saja. Setiap orang, khususnya penanggung jawab dari setiap bagian / divisi / departemen memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama dalam penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015

7. Tidak ada pengecualian klausul (exclution)
ISO 9001:2008 membolehkan pengecualian salah satu dari klausul atau subklausul 7 bila ada peraturan yang tidak relevan. Tidak ada satupun klausul ISO 9001:2015 yang secara tegas menjelaskan tentang kebolehan mengecualikan salah satu klausul ISO 9001:2015.

8. Mengganti Istilah Preventive Action dengan Risk Management
Ini salah satu unsur perubahan yang paling signifikan dari ISO 9001:2015. Istilah tindakan pencegahan kini diganti dengan cakupan yang lebih luas, yaitu manajemen resiko. Dalam hal ini kita harus mengacu terhadap ISO 31000 terkait dengan manajemen resiko.

9. Membedakan Istilah Produk dan Jasa
Produk menurut ISO 9001:2008 bisa berupa barang dan jasa sebagaimana yang tercantum pada klausul 3 Istilah dan Definisi:
Bila di seluruh naskah Standar Internasional ini di temukan istilah “produk” , ia dapat juga berarti “jasa”
Pada versi ISO 9001:2015, keduanya dibedakan untuk memberikan batasan yang jelas antara barang dengan jasa.

10. Mengganti beberapa Istilah 
Ada beberapa istilah yang diganti pada versi ISO 9001:20015. Diantaranya:
  • “supplier” diganti dengan “external provider”
  • “Purchased Product” diganti dengan “Externally provided products and services”
  • “Work Environment” diganti dengan “Environment for the operation of the process”
Bila dilihat, perubahan istilah tersebut bertujuan agar istilah yang digunakan tidak terkesan hanya berkaitan dengan barang saja tetapi juga termasuk jasa. Perubahan istilah ini bukan berarti perusahaan yang telah menerapkan ISO 9001:2008 wajib mengganti istilah yang ada. Istilah yang sudah ada masih bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Demikian review singkat dari kami tentang 10 perubahan utama ISO 9001:2015. Sebagai Konsultan ISO 9001:2015 terdepan di Indonesia, kami akan terus memberi anda informasi bermanfaat seputar ISO 9001:2015 yang direncanakan keluar bulan ini. Nantikan pembahasan tentang “10 Klausul ISO 9001:2015” dan “7 Prinsip ISO 9001:2015” di artikel kami selanjutnya.

IDEA CONSULTANT SURABAYA menyediakan layanan jasa konsultansi bagi semua organisasi yang ingin :
  • MENERAPKAN ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001, ISO 22001
  • MENGINTEGRASIKAN SISTEM ISO 9001, ISO 14001,  ISO 22001, OHSAS 18001
  • MELAKUKAN UP GRADE ISO 9001:2015 ATAU ISO 14001:2015
  • AWARENESS AND DOCUMENTATION TRAINING ISO 9001, ISO 14001, ETC.
  • PENERAPAN STANDAR LAIN : SNI AIR MINUM/SEMUA PRODUK, HALAL SEMUA PRODUK
  • PENERAPAN STANDAR : HACCP ATAU BRC (BRITISH RETAIL CONSORTIUM)    
IDEA CONSULTANT SURABAYA menyediakan KONSULTANSI DAN SOSIALISASI SECARA GRATIS !!!  Silahkan Hubungi Kami : 081259962926 , 0816512501 

Sekali Melangkah Pantang Surut Arah !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar